Jumat, 05 Agustus 2016

Soal TIK Tentang Mickrosoft Excel ( 50 Soal )



1. Menu yang harus dipilih untuk memperlebar atau mempersempit ukuran kolom pada worksheet adalah ….
a. Insert Sheet Column
b. Insert Sheet
c. Borders
d. Row Height
e. Column Widht

2. Untuk menembah garis dalam Excel,  perintah yang diklik pada menu Insert   adalah ….
a. Insert Cells
b. Insert Sheet Rows
c. Insert Sheet Column
d. Insert Sheet
e. Insert Name

3. Berikut merupakan tombol yang  digunakan dalam memformat teks agar  menjadi miring, yaitu ….
a. Ctrl+B
b. Ctrl+I
c. Ctrl+U
d. Ctrl+S
e. Ctrl+O

4. Untuk memberi bingkai pada sel, menu yang harus dipilih pada kotak dialog Format Cells adalah ….
a. Number
b. Alignment
c. Borders
d. Font
e. Fill
5. Salah satu cara menyimpan wordbook pada excel adalah dengan menggunakan ….
a. Ctrl+B
b. Ctrl+P
c. Ctrl+C
d. Ctrl+V
e. Ctrl+S

6. Berikut ini penulisan formula menghitung rata-rata yang benar adalah ….
a. = SUM (B4 + C4)
b. = AVERAGE (B4 : C4)
c. = AVERAGE (B4 : G8)
d. = MAX (B2 + C2)
e. = MIN (B4 + C4)

7. Untuk memberi bingkai pada sel, menu yang harus dipilih pada kotak dialog Format Cells adalah ….
a. Number
b. Alignment
c. Borders
d. Font
e. Fill

8. Formula = MAX () pada program Excel digunakan untuk ….
a. mencari nilai terkecil dari  sekelompok data
b. menghitung rata-rata dari sekelompok nilai
c. mencari nilai terbesar dari sekelompok data
d. menjumlahkan sekelompok nilai
e. mencari angka dari sekelompok data

9. Untuk membingkai sel atau sekelompok sel maka digunakan tombol ….
a. Autoshape
b. Rectangel
c. Fill
d. Border
e. Graphic

10. Memberi warna latar pada sel dapat dilakukan menggunakan tombol ….
a. Fill
b. Border
c. Format
d. Chart
e. Insert

11. Untuk memindahkan atau menyalin worksheet, menu yang harus dipilih setelah klik kanan pada tab sheet
       adalah ….
a. Delete
b. Rename
c. Select all sheet
d. Move or copy
e. Paste

12. Buku kerja dalam MIcrosoft Excel disebut dengan...
a. slide
b. layar editing
c. frame
d. workbook
e. worksheet

13. Pengertian dari range adalah ….
a. pertemuan antara worksheet
b. pertemuan antara workbook
c. kumpulan sel sembarang
d. kumpulan sel berbentuk persegi panjang
e. pertemuan antara garis dan kolom

14. Tombol pengurutan terdapat pada  ribbon ….
a. Home
b. Insert
c. Page Layout
d. Formula
e. Data

15. Berikut yang tidak terdapat pada menu dropdown Insert adalah ….
a. Insert Cell
b. Insert Sheet Row
c. Insert Sheet Column
d. Insert Sheet
e. Insert File

16. Di bawah ini yang bukan merupakan langkah untuk mengaktifkan aplikasi Microsoft Excel adalah...
              a. Melalui ikon pada All Programs
              b. Menggunakan shortcut pada  dekstop
              c. klik ganda nama file dokumen Excel pada folder tertentu
              d. menggunakan ikon Open
              e. melalui jendela Run

17. Ikon cut, copy, dan paste terdapat pada menu ….
a. Home
b. Insert
c. Data
d. Formula
e. View

18. Formula yang digunakan untuk menjumlahkan sekelompok nilai adalah ….
a. ADD
b. MIN
c. MAX
d. AVERAGE
e. SUM

19. Sebelum mulai mencetak sebuah dokumen sebaiknya Anda memeriksanya dengan ….
a. Page Setup
b. Quick Print
c. Print Preview
d. Publish
e. Print Range

20. Untuk mengatur tata letak cetakan, menu yang dipilih adalah ….
a. Print Range
b. Page Setup
c. Quick Print
d. Print Preview
e. Publish

21. Untuk melakukan penjumlahan data pada Excel digunakan formula .…
a. AVERAGE
b. MIN
c. MAX
d. SUM
e. IF

22. Untuk mengatur tata letak cetakan, menu yang dipilih ….
a. Print Range
b. Page Setup
c. Quick Print
d. Print Preview
e. Publish

23. Fungsi Look up adalah untuk ….
a. mencocokkan teks dengan daftar IF
b. mencocokkan teks dengan tabel referensi
c. mencocokkan teks dengan pernyataan
d. mencocokkan teks dengan sintak
e. mencocokkan teks dengan keadaan

24. Untuk mengganti ukuran kertas yang akan diprint, pada kotak dialog Page Setup dipilih tab ….
a. Page
b. Margins
c. Header/Footer
d. Sheet
e. Border

 25. Bagian yang berisi tombol-tombol sebagai jalan pintas untuk memanggil perintahperintah tertentu disebut ….
a. Scrollbar
b. Title Bar
c. Quick Access Toolbar
d. Ribbon
e. Office Button

26. Fungsi berikut yang tidak termasuk kelompok fungsi manipulasi string adalah ….
a. LEFT
b. MID
c. RIGHT
d. DOWN
e. semua benar

27. Berikut penulisan formula penjumlahan yang benar adalah .…
a. = sum (B2 – B7)
b. = sum (B3 – B8)
c. = sum (C2 * D2)
d. = sum (B4 : C4)
e. = sum (B2 = B7)

28. Kumpulan beberapa sel disebut ….
a. Worksheet
b. Range
c. Column
d. Row
e. Formula Bar

29. Untuk menghasilkan ONE dari tulisan INDONESIA, digunakan perintah ….
a. = RIGHT (“INDONESIA”, 4,3)
b. = MID (“INDONESIA”, 1,3)
c. = MID (“INDONESIA”, 3,3)
d. = LEFT (“INDONESIA”, 3,3)
e. = MID (“INDONESIA”, 4,3)

30. Perintah yang digunakan untuk membuat grafik adalah ….
a. Format Object
b. Edit Chart
c. Insert Chart
d. Format Chart
e. Insert Object

31. Jika pada suatu sel terdapat pernyataan “#VALUE!”, yang harus Anda lakukan adalah ….
a. menghapus isi sel
b. mengklik undo
c. memeriksa nilai pada sel
d. mengklik redo
e. menyisipkan sel baru

32. Pengurutan data dilakukan dengan cara mengklik sel yang akan diurutkan kemudian pada Ribbon diklik pada grup ….
a. Sort and filter
b. Cell styles
c. Format
d. Insert
e. Find and Select

33. Untuk menyisipkan objek gambar ke dalam dokumen, tab pada Ribbon yang harus diklik adalah ….
a. Data
b. Home
c. Insert
d. Formulas
e. Review

34. Tombol manajemen berkas dokumen pada Microsof Office Excel berbentuk bulat dengan logo Office di tengahnya disebut .…
a. Excel Options
b. Office Button
c. Ribbon
d. Tilte Bar
e. Toolbar

 35. Salah satu cara menyimpan wordbook pada excel adalah dengan menggunakan ….
a. Ctrl+B
b. Ctrl+P
c. Ctrl+C
d. Ctrl+V
e. Ctrl+S

36. Berikut ini yang merupakan alamat sel, yaitu .…
a. 84
b. 3F
c. B5
d. BB
e. F0

37. Ikon “save”, “redo”, dan “undo” merupakan bagian menu dari ….
a. Ribbon
b. Office Button
c. Status Bar
d. Quick Access Toolbar
e. Titlebar

38. Untuk mengubah satuan ukuran di dalam Excel, digunakan perintah ….
a. Start–Setting–Control Panel–Regional–Currency
b. Tools–Options–Print
c. Office Button–Open
d. Office Button–Excel Options–Save–Default File Location
e. Office Button–Excel Options–Advanced–Display–Ruler Units

39. Ikon “Undo” berfungsi ….
a. mencetak dokumen
b. menyimpan dokumen
c. membuka file
d. memotong bagian dari dokumen
e. membatalkan pengerjaan

40. Ctrl+P adalah shortcut key untuk
         memunculkan kotak dialog ….
a. Page setup
b. Customize
c. Heater
d. Format cells
e. Print

41. Fungsi dalam Excel yang digunakan menghitung rata-rata dari sekelompok nilai ….
a. SUM
b. AVERAGE
c. MAX
d. MIN
e. IF

42. Untuk memindahkan atau menyalin worksheet, menu yang harus dipilih setelah klik kanan pada tab sheet adalah ….
a. Delete
b. Rename
c. Select all sheet
d. Move or copy
e. Paste

43. Perintah untuk menambah lembar kerja baru menggunakan menu ribbon adalah...
               a. klik menu tab File - klik ikon Insert pada grup Cells - klik Insert Cells
               b. klik mwnu Ribbon Home - klik ikon Insert pada grup Cells - klik insert Cells
               c. klik menu ribbon Home - klik ikon Insert pada grup Cells - klik insert Sheet
               d. klik menu ribbon Home - klik ikon Insert pada grup Cells - klik insert Rows
               e. klik menu tab Insert - klik ikon Insert pada grup Cells - klik insert Sheet

44. Akibat dari perbesaran tampilan kerja adalah...
               a. Sel menjadi tidak beraturan
               b. sel menjadi kecil
               c. teks menjadi kecil
               d. data terlihat lebih banyak
               e. data terlihat lebih sedikit

 45. Fungsi IF dalam MS Excel adalah fungsi jenis ….
a. trigonometri
b. manipulasi string
c. statistik
d. logika
e. manipulasi data

46. Agar tabel hanya menampilkan data-data sesuai kriteria yang dimasukkan, harus dilakukan ….
a. editing
b. deleting
c. filtering
d. tabulasi
e. penyisipan

47. Berikut ini penulisan formula menghitung rata-rata yang benar adalah ….
a. = SUM (B4 + C4)
b. = AVERAGE (B4 : C4)
c. = AVERAGE (B4 : G8)
d. = MAX (B2 + C2)
e. = MIN (B4 + C4)

48. Untuk menyisipkan simbol “±” saat membuat suatu dokumen, langkah yang harus dilakukan adalah dengan mengklik ….
a. Insert > Text Box > ±
b. Review > Spelling
c. Insert > Symbol – ±
d. Page Layout > Print titles
e. Formulas > Insert Function

49. Agar tampilan pada dokumen menjadi menarik dapat disisipkan gambar yang telah disediakan oleh Microsoft Office, yaitu ….
a. Template
b. Wallpaper
c. Background
d. Shapes
e. Clip Art

50. Nilai terbesar dari suatu kelompok data dapat dicari menggunakan fungsi  ….
a. MIN
b. MAX
c. IF
d. AVERAGE
e. SUM















Tidak ada komentar:

Posting Komentar