Kamis, 18 Agustus 2016

Pengertian Sosialisasi Menurut Beberapa Ahli



1.  Macionis :
pengalaman sosial sepanjang hidup yg memungkinkan seseorang mengembangkan potensi kemanusiannya & mempelajari pola2 kebudayaan.


2.  Broom & Selznic :
proses membangun/menanamkan nilai2 kelompok pada diri seseorang.


3.  Stewart :
proses memperoleh kepercayaan, sikap, nilai, & kebiasaan dalam kebudayaannya.


4.  Horton & Hunt :
proses dimana seseorang menginternalisasikan norma2 kelompok tempat ia hidup sehingga berkembang menjadi satu pribadi yg unik.


5.  Karel J.Veeger:
Sosialisasi adalah suatu proses belajar mengajar.


6.  Charlotte Buehler:
Sosialisasi adalah proses yang membantu individu untuk belajar dan menyesuaikan diri tentang bagaimana cara hidup dan cara berpikir kelompoknya agar dapat berperan dan berfugsi dalam kelompoknya.


7.  Soerjono Soekanto:
Soalisasi adalah sutatu proses yang menempatkan anggota masyarakat yang baru mempelajari norma-norma dan nilai-nilai masyarakat di tempat dia menjadi anggota.


8.  Bruce J.Cohen:
Sosialisasi adalah proses manusia mempelajari tata cara kehidupan dalam masyarakatnya untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitas untuk berfungsi, baik sebagai individu maupun sebagai anggota kelompok.


9.  Robert M.Z. Lawang:
Sosialisasi adalah proses mempelajari norma, nilai, peran, dan semua persyaratan lainnya yang diperlukan untuk memungkinkan partisipasi yang efektif dalam kehidupan sosial.

10.  Ritcher JR (1987 : 139)  :
sosialisasi adalah proses seseorang memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperlakukannya agar dapat berfungsi sebagai orang dewasa dan sekaligus sebagai pemeran aktif dalam suatu kedudukan atau peranan tertentu di masyarakat.

11.  Giddens (1994/60)  :
Sosialisasi sebagai sebuah proses yang terjadi ketikaseorang bayi yang lemah berkembang secara aktif melalui tahap demi tahap sampai akhirnya menjadi pribadi yang sadar akan dirinya sendiri pribadi yang berpengetahuan dan terampil akan cara hidupnya dalam kebudayaan tempat ia tinggal.

12.  Paul B. Horton :
Sosialisasi adalah suatu proses dimana seseorang menghayati serta memahami norma-norma dalam masyarakat tempat tinggalnya sehingga akan membentuk kepribadiannya. 

13.  WrightWright :
Sosialisasi sebagai proses ketika individu mendapatkan kebudayaan kelompoknya dan menginternalisasikan (sampai tingkat tertentu) norma-norma sosialnya, sehingga membimbing orang itu untuk memperhitungkan harapan-harapan orang lain.

14.   Edward Shils (1968)
Sosialisasi adalah proses sosial yang dijalankan seseorang atau sepanjang umur yang perlu dilalui seorang individu untuk menjadi seorang anggota kelompok dan masyarakatnya melalui pembelajaran kebudayaan dari kelompok dan masyarakat itu.


15.  Nursal Luth
Sosialisasi adalah suatu proses ketika individu menerima dan menyesuaikan diri dengan masyarakat.

16.  Peter L. Berger
Sosialisasi adalah proses belajar seorang anak untuk menjadi anggota yang dapat berpartisipasi dalam masyarakat.

17.   David Gaslin
Sosialisai adalah proses belajar seorang anak untuk memperoleh pengetahuan tentang nilai dan norma-norma agar ia dapat berpartisipasi sbg anggota kelompok masyarakat

18.  Prof. Dr. Nasution, SH
Sosialisasi adalah proses membimbing individu ke dunia social

19.  Sukandar Wiraatmaja, M. A
Sosialisasi adalah suatu proses yang dimulai sejak seseorang itu dilahirkan untuk dapat mengetahui dan memperoleh sikap, pengertian, gagasan dan pola tingkah laku yang disetujui dalam masyarakat.

20.  Drs. Suprapto
Sosialisasi adalah suatu proses belajar berinteraksi dalam masyarakat sesuai dengan peranan yang dijalankan

21.  Hasan Shalidy
Sosialisasi adalah proses dimana seseorang mulai menerima dan menyesuaikan diri terhadap adat istiadat suatu golongan. Dimana lambat daun ia akan merasa sebagai golongan itu.

22.  Jack Levin
Sosialisasi adalah proses dimana kebudayaan di teruskan dan diinternalasikan oleh kebudayaan individu.

23.  Edward A. Ross
Sosialisasi adalah pertumbuhan perasaan “kita”. Dimana perasaan ini akan menimbulkan tindakan segolongan.

24.  James L. Sprates
Sosialisasi adalah proses dimana kebudayaan di teruskan dan diinternalasikan oleh kebudayaan individu.

25.  Laurence
Sosialisasi adalah proses pendidikan atau latihan seseorang yang belum berpengalaman dalam suatu kebudayaan dan berusaha menguasai kebudyaan sebagai aspeknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar